Sabtu, 28 April 2018

Contoh Kisi-kisi Soal Materi Jamur Pada RPP


Tujuan Kognitif
Setelah mempelajari materi jamur peserta didik diharapkan dapat :
1.      Peserta didik (A) dapat menjelaskan tentang jamur dari penjelasan guru (B) minimal beberapa kalimat penting (D) dalam penjelasannya (C)
2.      Peserta didik (A) dapat menyebutkan ciri-ciri jamur (B) sebanyak mungkin (D) dari kegiatan pengamatan (C)
3.      Peserta didik (A) dapat memprediksi jenis-jenis jamur (B) dari yang diamati (C) minimal 5 (D)
4.      Peserta didik (A) dapat mengkategorikan peranan jamur bagi kehidupan (B) melalui percobaan (C) minimal 3 (D)

Kisi-kisi soal kognitif :
1.      Peserta didik dapat menjelaskan tentang jamur minimal beberapa kalimat penting dalam penjelasannya
2.      Peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri jamur sebanyak mungkin berdasarkan kegiatan dan  pengamatan yang dibimbing oleh guru sebelumnya
3.      Peserta didik dapat memprediksi jenis-jenis jamur dari yang diamati minimal 5 melalui kegiatan mandiri yang di pandu oleh guru sebelumnya
4.      Peserta didik dapat mengkategorikan peranan jamur bagi kehidupan melalui percobaan minimal 3 melalui kegiatan mandiri yang di pandu oleh guru sebelumnya

Tujuan Afektif
1.      Melalui kegiatan tanya jawab (C) yang dilakukan peserta didik (A) diharapkan dapat memiliki sikap proaktif  (B) yang cukup baik (D)
2.      Melalui tugas (C) yang diberikan peserta didik (A) diharapkan dapat bertanggung jawab dan peduli (B) baik secara mandiri (D)

Kisi –kisi soal afektif :
Ø   Peserta didik dapat memberi tanggapan dan mendiskusikan tanggapan tersebut terhadap pola pikir ilmiah dalam sikap proaktif
Ø  Peserta didik dapat  Menunujukkan kemampuan mengamati dan menganalisis sebagai tanggung jawab dan peduli dalam belajar yang di beri guru dan menyebutkan 5 dari hasil pengamatan tersebut.


Tujuan Psikomotor
Melalui tugas (C) yang diberikan, peserta didik (A) dapat memberikan responsif  (B) dengan mengkomunikasikan hasil pengamatan yang didapat dalam bentuk presentasi (D).

Kisi-kisi soal:
Ø  Peserta didik dapat menarik kesimpulan dari data yang didapat dari data hasil pengamatan  dari beberapa media yang diberikan dan dapat mengkomunikasikan hasil pengamatan tersebut dalam bentuk presentasi.

 





Jenis sekolah   :                                                                       Alokasi Waktu            :
Mata pelajaran  :                                                                      Jumlah Soal      :
Kelas/semester :                                                                     
Kurikulum       :


IPK
Materi pembelajaran
Indikator soal kognitif
Teknik penilaian
Bentuk soal
No. soal
Menjelaskan pengertian jamur


Pengertian jamur

Peserta didik dapat menjelaskan minimal beberapa kalimat penting dalam penjelasannya

Tes tertulis
Jawaban singkat
1
Menyebutkan ciri-ciri jamur

Ciri-ciri umum jamur
Peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri jamur sebanyak mungkin
Tes tertulis
Jawaban singkat
2
Memprediksi jenis-jenis jamur yang diamati

Jenis-jenis jamur
Peserta didik dapat memprediksi jenis-jenis jamur dari yang diamati minimal 5
Tes tertulis
Jawaban singkat
3
Mengkategorikan peranan jamur bagi kehidupan melalui percobaan
Peranan  jamur bagi kehidupan
Peserta didik dapat mengkategorikan peranan jamur bagi kehidupan melalui percobaan minimal 3
Tes tertulis
Jawaban singkat
4

1 komentar: