RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA Negeri 1
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X MIPA 1/Genap
Materi Pokok : Animalia
Alokasi Waktu : 4 Minggu x 3 Jam
Pelajaran @45 Menit
A.
Kompetensi
Inti
·
KI-1
dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI
3:Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
·
KI4:Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.9
Mengelompokkan hewan ke dalam
filum berdasarkan lapisan tubuh, rongga tubuh simetri tubuh, dan reproduksi
|
3.9.1 Menginventarisir data temuan hasil pengamatan
berbagai macam hewan invertebrata di lingkungannya baik yang hidup di dalam
atau di luar rumah, di tanah, air laut dan danau, atau yang di pepohonan
3.9.2 Menyebutkan temuan dari hasil pengamatan
tentang persamaan dan perbedaanberbagai jenis hewan.
3.9.3 Mengelompokkan invertebrata berdasarkan
ciri-cirinya yang ditemukan dalam pengamatan
3.9.4 Menjelaskan data temuan hasil hasil
pengamatan tentang ciri umum pengelompokkan hewan
3.9.5 Menginventarisir data temuan dari hasil
pengamatan berbagai jenis hewan invertebrata di lingkungan sekitar
3.9.6 Mendokumentasikan dalam bentuk foto/gambar
pengamatan pengamatan berbagai jenis hewan invertebrata yang ditemukan di
lingkungan sekitar
3.9.7 Menginventarisir data temuan dari hasil
pengamatan morfologi berbagai jenis hewan invertebrata di lingkungan sekitar
3.9.8 Merancang pengelompokan invertebrate
berdasarkan berbagai ciri yang dimiliki yang ditemukan dari hasil pengamatan
3.9.9 Membandingkan invertebrate dengan berbagai
hewan vertebrata yang ditemukan
3.9.10 Membangun dan menemukan kesimpulan tentang
peranan invertebrata dan vertebrata dalam ekosistem, ekonomi, masyarakat, dan
pengembangan ilmu pengetahuan di masa dating
3.9.11 Menggunakan kosa kata baru yang ditemukan
berkaitan dengan invertebrata dalam menjelaskan tentang keanekaragaman
invertebrate
3.9.12 Menjelaskan ciri-ciri hewan invertebrata
dengan menggunakan peta pikiran
3.9.13 Menjelaskan tentang ciri-ciri dan
pemanfaatan serta peran invertebrata
|
4.9 Menyajikan laporan perbandingan kompleksitas
lapisan penyusun tubuh hewan (diploblastik dan triploblastik), simetri tubuh,
rongga tubuh, dan reproduksinya
|
4.9.1 Menyajikan data temuan hasil pengamatan berbagai macam hewan invertebrata di
lingkungannya baik yang hidup di dalam atau di luar rumah, di tanah, air laut
dan danau, atau yang di pepohonan dalam bentuk laporan tertulis
4.9.2 Menyajikan data temuan dari hasil pengamatan
tentang persamaan dan perbedaan berbagai jenis hewan dalam bentuk laporan
tertulis
4.9.3 Menyajikan
kelompok-kelompok invertebrata
berdasarkan ciri-cirinya yang ditemukan dalam pengamatan dalam bentuk laporan
tertulis
4.9.4 Menyajikan data temuan hasil hasil pengamatan
tentang ciri umum pengelompokkan hewan dalam bentuk laporan tertulis
4.9.5 Menyajikan data temuan dari hasil pengamatan
berbagai jenis hewan invertebrata di lingkungan sekitar dalam bentuk laporan
tertulis
4.9.6 Menyajikan
dalam bentuk dokumentasi dalam bentuk foto/gambar pengamatan
pengamatan berbagai jenis hewan invertebrata yang ditemukan di lingkungan
sekitar dalam bentuk laporan tertulis
4.9.7 Menyajikan data temuan dari hasil pengamatan
morfologi berbagai jenis hewan invertebrata di lingkungan sekitar dalam
bentuk laporan tertulis
4.9.8 Menyajikan
rancangan pengelompokan invertebrate berdasarkan berbagai ciri yang
dimiliki yang ditemukan dari hasil pengamatan dalam bentuk laporan tertulis
4.9.9 Menyajikan perbandingkan invertebrate dengan
berbagai hewan vertebrata yang ditemukan dalam bentuk laporan tertulis
4.9.10 Menyajikan kesimpulan tentang peranan
invertebrata dan vertebrata dalam ekosistem, ekonomi, masyarakat, dan
pengembangan ilmu pengetahuan di masa datang dalam bentuk laporan tertulis
4.9.11 Menyajikan penggunaaan kosa kata baru yang
ditemukan berkaitan dengan invertebrata dalam menjelaskan tentang
keanekaragaman invertebrate dalam bentuk laporan tertulis
4.9.12 Menyajikan ciri-ciri hewan invertebrata
dengan menggunakan peta pikiran
4.9.13 Menyajikan
ciri-ciri dan pemanfaatan serta peran invertebrate dalam bentuk
laporan tertulis
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik
diharapkan dapat:
1.
Menginventarisir
data temuan hasil pengamatan berbagai macam hewan invertebrata di lingkungannya
baik yang hidup di dalam atau di luar rumah, di tanah, air laut dan danau, atau
yang di pepohonan
2.
Menyebutkan
temuan dari hasil pengamatan tentang persamaan dan perbedaanberbagai jenis
hewan.
3.
Mengelompokkan
invertebrata berdasarkan ciri-cirinya yang ditemukan dalam pengamatan
4.
Menjelaskan
data temuan hasil hasil pengamatan tentang ciri umum pengelompokkan hewan
5.
Menginventarisir
data temuan dari hasil pengamatan berbagai jenis hewan invertebrata di
lingkungan sekitar
6.
Mendokumentasikan
dalam bentuk foto/gambar pengamatan pengamatan berbagai jenis hewan
invertebrata yang ditemukan di lingkungan sekitar
7.
Menginventarisir
data temuan dari hasil pengamatan morfologi berbagai jenis hewan invertebrata
di lingkungan sekitar
8.
Merancang
pengelompokan invertebrate berdasarkan berbagai ciri yang dimiliki yang
ditemukan dari hasil pengamatan
9.
Membandingkan
invertebrate dengan berbagai hewan vertebrata yang ditemukan
10. Membangun dan menemukan kesimpulan
tentang peranan invertebrata dan vertebrata dalam ekosistem, ekonomi,
masyarakat, dan pengembangan ilmu pengetahuan di masa dating
11. Menggunakan kosa kata baru yang
ditemukan berkaitan dengan invertebrata dalam menjelaskan tentang
keanekaragaman invertebrate
12. Menjelaskan ciri-ciri hewan
invertebrata dengan menggunakan peta pikiran
13. Menjelaskan tentang ciri-ciri dan
pemanfaatan serta peran invertebrata
D. Materi
Pembelajaran
Animalia
• Ciri-ciri
umum hewan invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan
reproduksi)
•
Ciri-ciri umum hewan vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu
tubuh, dan penutup tubuh)
• Klasifikasi
animalia
• Peran
hewan bagi kehidupan
E.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan
: Scientific
Metode : Diskusi dan Eksperimen
Model : Discovery Learning
F.
MediaPembelajaran
v
Media :
Ø
Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø
Lembar
penilaian
Ø
Laboratorium
biologi dan sarananya (peralatan yang akan dipakai selama satu tahun ajaran)
Ø
Daftar
peralatan di lab biologi
Ø
Lembar
tata tertib keselamatan kerja laboratorium biologi
Ø
Lembar
kesepakatan yang ditandatangani bersama oleh setiap siswa aspek keselamatan
kerja
Ø
Contoh
laporan tertulis
Ø
Bahan
Presentasi
v
Alat/Bahan
:
Ø
Penggaris,
spidol, papan tulis
Ø
Laptop
& infocus
Ø
Slide
presentasi (ppt)
G.
Sumber
Belajar :
·
Buku
Biologi Kls X Kemdikbud
·
Buku
lain yang menunjang
·
Multimedia
interaktif dan Internet
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 (3 x 45
Menit)
|
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
Guru
:
Orientasi
v
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu :
Ø
Plantae
v
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v
Apabila
materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø
Ciri-ciri umum hewan
invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi)
v
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v
Mengajukan
pertanyaan
Pemberian
Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v
Pembagian
kelompok belajar
v
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Kegiatan Inti (105 Menit)
|
Sintak Model
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Ciri-ciri umum hewan
invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi) dengan
cara :
v
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi Ciri-ciri
umum hewan invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan
reproduksi).
“Apa
yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
v
Mengamati
Ø
Lembar
kerja materi Ciri-ciri umum hewan
invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi).
Ø
Pemberian
contoh-contoh materi Ciri-ciri umum
hewan invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan
reproduksi) untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb
v
Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung).
Membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan Ciri-ciri
umum hewan invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi).
v
Mendengar
Pemberian
materi Ciri-ciri umum hewan
invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi) oleh
guru.
v
Menyimak
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
Ø
Ciri-ciri umum hewan
invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi)
untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
v Menulis
Peserta didik menulis resume tentang
apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam
membaca dan menulis (Literasi)
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø
Ciri-ciri umum hewan
invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi)
yang tidak dipahami dari apa
yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang
apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø
?
Ø
?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v
Mengamati obyek/kejadian
Mengamati
dengan seksama materi Ciri-ciri umum
hewan invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan
reproduksi) yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide
presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v
Membaca sumber lain selain
buku teks
Mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi Ciri-ciri umum hewan invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh,
simetri tubuh, dan reproduksi) yang sedang dipelajari.
v
Aktivitas
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Ciri-ciri umum hewan invertebrata
(lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi) yang
sedang dipelajari.
v
Wawancara/tanya jawab dengan
nara sumber
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Ciri-ciri
umum hewan invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan
reproduksi) yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam
beberapa kelompok untuk:
v
Mendiskusikan
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Ciri-ciri umum hewan
invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi).
v
Mengumpulkan informasi
Mencatat
semua informasi tentang materi Ciri-ciri
umum hewan invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan
reproduksi) yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang
rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v
Mempresentasikan ulang
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi Ciri-ciri umum hewan invertebrata
(lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi) sesuai
dengan pemahamannya.
v
Saling tukar informasi tentang materi :
Ø
Ciri-ciri umum hewan
invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi)
dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan
sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v
Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø
Ciri-ciri umum hewan
invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi)
v
Mengolahinformasi dari materi Ciri-ciri umum hewan invertebrata
(lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi) yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Ciri-ciri umum hewan invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh,
simetri tubuh, dan reproduksi).
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi
:
Ø
Ciri-ciri umum hewan invertebrata
(lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi)
antara lain dengan : Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh
peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Ciri-ciri umum hewan invertebrata
(lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi) berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø
Ciri-ciri umum hewan
invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi)
v
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Ciri-ciri umum hewan invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh,
simetri tubuh, dan reproduksi) dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan.
v
Bertanya
atas presentasi tentang materi Ciri-ciri
umum hewan invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan
reproduksi) yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
v
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang
baru dilakukan berupa :
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø
Ciri-ciri umum hewan
invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi)
v
Menjawab
pertanyaan tentang materi Ciri-ciri
umum hewan invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan
reproduksi) yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan.
v
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Ciri-ciri
umum hewan invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan
reproduksi) yang akan selesai dipelajari
v
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Ciri-ciri
umum hewan invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan
reproduksi) yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
|
Catatan
:
Selama
pembelajaran Ciri-ciri umum hewan
invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi) berlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
Peserta
didik :
v
Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran tentang materi Ciri-ciri
umum hewan invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan
reproduksi) yang baru dilakukan.
v
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Ciri-ciri
umum hewan invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan
reproduksi) yang baru diselesaikan.
v
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru
:
v
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Ciri-ciri umum hewan invertebrata (lapisan
tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi).
v
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Ciri-ciri umum hewan invertebrata (lapisan
tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi).
v
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Ciri-ciri
umum hewan invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan
reproduksi) kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik.
|
2. Pertemuan Ke-2 (3 x 45
Menit)
|
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
Guru
:
Orientasi
v
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu :
Ø
Ciri-ciri umum hewan
invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi)
v
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v
Apabila
materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø
Ciri-ciri umum hewan vertebrata
(rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan penutup tubuh)
v
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v
Mengajukan
pertanyaan
Pemberian
Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v
Pembagian
kelompok belajar
v
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Kegiatan Inti (105 Menit)
|
Sintak Model
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Ciri-ciri umum hewan
vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan
penutup tubuh) dengan cara :
v
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi Ciri-ciri
umum hewan vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh,
dan penutup tubuh).
“Apa
yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
v
Mengamati
Ø
Lembar
kerja materi Ciri-ciri umum hewan
vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan
penutup tubuh).
Ø
Pemberian
contoh-contoh materi Ciri-ciri umum
hewan vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan
penutup tubuh) untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb
v
Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung).
Membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan Ciri-ciri
umum hewan vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh,
dan penutup tubuh).
v
Mendengar
Pemberian
materi Ciri-ciri umum hewan
vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan
penutup tubuh) oleh guru.
v
Menyimak
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
Ø
Ciri-ciri umum hewan
vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan
penutup tubuh)
untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
v Menulis
Peserta didik menulis resume tentang
apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam
membaca dan menulis (Literasi)
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø
Ciri-ciri umum hewan
vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan
penutup tubuh)
yang tidak dipahami dari apa
yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang
apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v
Mengamati obyek/kejadian
Mengamati
dengan seksama materi Ciri-ciri umum
hewan vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan
penutup tubuh) yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide
presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v
Membaca sumber lain selain
buku teks
Mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi Ciri-ciri umum hewan vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung,
reproduksi, suhu tubuh, dan penutup tubuh) yang sedang dipelajari.
v
Aktivitas
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Ciri-ciri umum hewan vertebrata
(rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan penutup tubuh) yang
sedang dipelajari.
v
Wawancara/tanya jawab dengan
nara sumber
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Ciri-ciri
umum hewan vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh,
dan penutup tubuh) yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada
guru.
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam
beberapa kelompok untuk:
v
Mendiskusikan
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Ciri-ciri umum hewan
vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan penutup
tubuh).
v
Mengumpulkan informasi
Mencatat
semua informasi tentang materi Ciri-ciri
umum hewan vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh,
dan penutup tubuh) yang telah diperoleh pada buku catatan dengan
tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v
Mempresentasikan ulang
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi Ciri-ciri umum hewan vertebrata (rangka
tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan penutup tubuh) sesuai
dengan pemahamannya.
v
Saling tukar informasi tentang materi :
Ø
Ciri-ciri umum hewan
vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan
penutup tubuh)
dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan
sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v
Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø
Ciri-ciri umum hewan
vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan
penutup tubuh)
v
Mengolahinformasi dari materi Ciri-ciri umum hewan vertebrata (rangka
tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan penutup tubuh) yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Ciri-ciri umum hewan vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung,
reproduksi, suhu tubuh, dan penutup tubuh).
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi
:
Ø
Ciri-ciri umum hewan
vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan
penutup tubuh)
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Ciri-ciri umum hewan vertebrata (rangka
tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan penutup tubuh) berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø
Ciri-ciri umum hewan
vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan
penutup tubuh)
v
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Ciri-ciri umum hewan vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung,
reproduksi, suhu tubuh, dan penutup tubuh) dan ditanggapi oleh kelompok
yang mempresentasikan.
v
Bertanya
atas presentasi tentang materi Ciri-ciri
umum hewan vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh,
dan penutup tubuh) yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
v
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang
baru dilakukan berupa :
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø
Ciri-ciri umum hewan
vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan
penutup tubuh)
v
Menjawab
pertanyaan tentang materi Ciri-ciri
umum hewan vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh,
dan penutup tubuh) yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
v
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Ciri-ciri
umum hewan vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh,
dan penutup tubuh) yang akan selesai dipelajari
v
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Ciri-ciri
umum hewan vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh,
dan penutup tubuh) yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
|
Catatan
:
Selama
pembelajaran Ciri-ciri umum hewan
vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan penutup
tubuh) berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang
meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
Peserta
didik :
v
Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran tentang materi Ciri-ciri
umum hewan vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh,
dan penutup tubuh) yang baru dilakukan.
v
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Ciri-ciri
umum hewan vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh,
dan penutup tubuh) yang baru diselesaikan.
v
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru
:
v
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Ciri-ciri umum hewan vertebrata (rangka
tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan penutup tubuh).
v
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Ciri-ciri umum hewan vertebrata (rangka
tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan penutup tubuh).
v
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Ciri-ciri
umum hewan vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh,
dan penutup tubuh) kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik.
|
3. Pertemuan Ke-3 (3 x 45
Menit)
|
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
Guru
:
Orientasi
v
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu :
Ø
Ciri-ciri umum hewan vertebrata
(rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan penutup tubuh)
v
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v
Apabila
materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø
Klasifikasi animalia
v
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v
Mengajukan
pertanyaan
Pemberian
Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v
Pembagian
kelompok belajar
v
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Kegiatan Inti (105 Menit)
|
Sintak Model
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Klasifikasi animalia dengan
cara :
v
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi Klasifikasi
animalia.
“Apa
yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
v
Mengamati
Ø
Lembar
kerja materi Klasifikasi animalia.
Ø
Pemberian
contoh-contoh materi Klasifikasi
animalia untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif,
dsb
v
Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung).
Membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan Klasifikasi
animalia.
v
Mendengar
Pemberian
materi Klasifikasi animalia oleh
guru.
v
Menyimak
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
Ø
Klasifikasi animalia
untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
v Menulis
Peserta didik menulis resume tentang
apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam
membaca dan menulis (Literasi)
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø
Klasifikasi animalia
yang tidak dipahami dari apa
yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang
apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø
?
Ø
?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v
Mengamati obyek/kejadian
Mengamati
dengan seksama materi Klasifikasi
animalia yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide
presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v
Membaca sumber lain selain
buku teks
Mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi Klasifikasi animalia yang sedang dipelajari.
v
Aktivitas
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Klasifikasi animalia yang sedang
dipelajari.
v
Wawancara/tanya jawab dengan
nara sumber
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Klasifikasi
animalia yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam
beberapa kelompok untuk:
v
Mendiskusikan
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Klasifikasi animalia.
v
Mengumpulkan informasi
Mencatat
semua informasi tentang materi Klasifikasi
animalia yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang
rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v
Mempresentasikan ulang
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi Klasifikasi animalia sesuai dengan
pemahamannya.
v
Saling tukar informasi tentang materi :
Ø
Klasifikasi animalia
dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan
sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v
Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø
Klasifikasi animalia
v
Mengolahinformasi dari materi Klasifikasi animalia yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Klasifikasi animalia.
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi
:
Ø
Klasifikasi animalia
antara lain dengan : Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh
peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Klasifikasi animalia berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø
Klasifikasi animalia
v
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Klasifikasi animalia dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan.
v
Bertanya
atas presentasi tentang materi Klasifikasi
animalia yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
v
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang
baru dilakukan berupa :
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø
Klasifikasi animalia
v
Menjawab
pertanyaan tentang materi Klasifikasi
animalia yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan.
v
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Klasifikasi
animalia yang akan selesai dipelajari
v
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Klasifikasi
animalia yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
|
Catatan
:
Selama
pembelajaran Klasifikasi animalia berlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
Peserta
didik :
v
Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran tentang materi Klasifikasi
animalia yang baru dilakukan.
v
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Klasifikasi
animalia yang baru diselesaikan.
v
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru
:
v
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Klasifikasi animalia.
v
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Klasifikasi animalia.
v
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Klasifikasi
animalia kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
4. Pertemuan Ke-4 (3 x 45
Menit)
|
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
Guru
:
Orientasi
v
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu :
Ø
Klasifikasi animalia
v
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v
Apabila
materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø
Peran hewan bagi kehidupan
v
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v
Mengajukan
pertanyaan
Pemberian
Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v
Pembagian
kelompok belajar
v
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Kegiatan Inti (105 Menit)
|
Sintak Model
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Peran hewan bagi kehidupan dengan
cara :
v
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan
gambar/foto/video tentang materi Peran
hewan bagi kehidupan.
“Apa
yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
v
Mengamati
Ø
Lembar
kerja materi Peran hewan bagi
kehidupan.
Ø
Pemberian
contoh-contoh materi Peran hewan bagi
kehidupan untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb
v
Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung).
Membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan Peran hewan
bagi kehidupan.
v
Mendengar
Pemberian
materi Peran hewan bagi kehidupan oleh
guru.
v
Menyimak
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
Ø
Peran hewan bagi kehidupan
untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
v Menulis
Peserta didik menulis resume tentang
apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam
membaca dan menulis (Literasi)
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø
Peran hewan bagi kehidupan
yang tidak dipahami dari apa
yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang
apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø
?
Ø
?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v
Mengamati obyek/kejadian
Mengamati
dengan seksama materi Peran hewan
bagi kehidupan yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide
presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v
Membaca sumber lain selain
buku teks
Mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi Peran hewan bagi kehidupan yang sedang dipelajari.
v
Aktivitas
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Peran hewan bagi kehidupan yang
sedang dipelajari.
v
Wawancara/tanya jawab dengan
nara sumber
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Peran
hewan bagi kehidupan yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada
guru.
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam
beberapa kelompok untuk:
v
Mendiskusikan
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Peran hewan bagi
kehidupan.
v
Mengumpulkan informasi
Mencatat
semua informasi tentang materi Peran
hewan bagi kehidupan yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan
yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v
Mempresentasikan ulang
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi Peran hewan bagi kehidupan sesuai
dengan pemahamannya.
v
Saling tukar informasi tentang materi :
Ø
Peran hewan bagi kehidupan
dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan
sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v
Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø
Peran hewan bagi kehidupan
v
Mengolahinformasi dari materi Peran hewan bagi kehidupan yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Peran hewan bagi kehidupan.
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi
:
Ø
Peran hewan bagi kehidupan
antara lain dengan : Peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh
peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Peran hewan bagi kehidupan berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø
Peran hewan bagi kehidupan
v
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Peran hewan bagi kehidupan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan.
v
Bertanya
atas presentasi tentang materi Peran
hewan bagi kehidupan yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
v
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang
baru dilakukan berupa :
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø
Peran hewan bagi kehidupan
v
Menjawab
pertanyaan tentang materi Peran hewan
bagi kehidupan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
v
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Peran
hewan bagi kehidupan yang akan selesai dipelajari
v
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Peran
hewan bagi kehidupan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
|
Catatan
:
Selama
pembelajaran Peran hewan bagi kehidupan
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
Peserta
didik :
v
Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran tentang materi Peran
hewan bagi kehidupan yang baru dilakukan.
v
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Peran
hewan bagi kehidupan yang baru diselesaikan.
v
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru
:
v
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Peran hewan bagi kehidupan.
v
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Peran hewan bagi kehidupan.
v
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Peran
hewan bagi kehidupan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik.
|
A. Penilaian Pembelajaran dan Pengayaan
a. Sikap
1.
Teknik Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah
Skor
|
Skor
Sikap
|
Kode
Nilai
|
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
1
|
Abriyanto
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Achmad
erydito Ramadhan
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Adelia
krsitin
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Agnes
adelia Jogjakarta
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Aisya
ninda Shafana
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Bella
indriyani putri
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Cleodora
crismasti dea vasti
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Daffa
naufal putra
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Daniella
deandra keisha
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Edo
kriswidarta
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Ester
fani indriani
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Estevany
priliansi
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Gabriel
chicilia margaretha
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Humairah
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
I
gusti agung wira duta astaman
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Julianti
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Kartiko
dwi wicaksono
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Maklisua
kamis
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Maresa
anggreni
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Marvel
wendel
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
M.
yonda dinata
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Mutia
besmalina
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Mutiya
rahmi
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Nur
fitriah indah priady
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Nurhalisa
auliasari
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Nurhayati
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Raynold
farrel siahaan
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
Riskita
putri
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Salsabila
nailah khansa
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Salwa
zahra
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
Vania
ardeli magdalena
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
Verdo
wantino
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
Vitto
patrio
|
|
|
|
|
|
|
|
34
|
Juliana
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
• BS :
Bekerja Sama
• JJ :
Jujur
• TJ :
Tanggun Jawab
• DS :
Disiplin
Catatan :
1.
Aspek
perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2.
Skor
maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3.
Skor
sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4.
Kode
nilai / predikat :
75,01 –
100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
2.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Peserta didik yang belum
menguasai materi (belum mencapai ketuntasan
belajar) akan dijelaskan kembali oleh guru materi “Ruang Lingkup Biologi”. Guru melakukan penilaian kembali dengan
soal yang sejenis atau memberikan tugas individu terkait dengan topik yang
telah dibahas. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang
disesuaikan, contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di
luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar