RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA Negeri 1
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/Genap
Materi Pokok : Ekologi
Alokasi Waktu : 4 Minggu x 3 Jam Pelajaran @45
Menit
A.
Kompetensi
Inti
·
KI-1
dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI
3:Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4:Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.10
Menganalisis komponen-komponen
ekosistem dan interaksi antar komponen tersebut
|
3.10.1 Menjelaskan tentang ekosistem dan komponen
yang menyusunnya
3.10.2 Menjelaskan tentang terbentuknya hujan dari
proses penguapan
3.10.3 Menyebutkan komponen ekosistem
3.10.4 Menjelaskan hubungan antar komponen ekosistem
3.10.5 Menyebutkan dan mendeskripsikan siklus-siklus
yang berlangsung di alam untuk menjaga keseimbangan
3.10.6 Melakukan pengamatan ekosistem di lingkungan
sekitarnya dan mengidentifikasi komponen-komponen yang menyusun ekosistem
3.10.7 Menganalisis hubungan antara komponen biotik
dan abiotik serta hubungan antara biotik dan biotik dalam ekosisten tersebut
dan mengaitkannya dengan ketidakseimbangan lingkungan
3.10.8 Menginventarisir kemungkinan yang dapat
dilakukan berkaitan dengan pemulihan ketidak seimbangan lingkungan
3.10.9 Menjelaskan tentang adanya interaksi dalam
ekosistem dan aliran energy
3.10.10 Menjelaskan daur biogeokimia
menggunakan bagan/charta
3.10.11 Mendeskripsikan ketidakseimbangan
lingkungan dan memprediksi kemungkinan
proses yang tidak seimbang
3.10.12 Mengolah data berbagai komponen ekosistem
dan mengaitkannya dengan keseimbangan ekosistem yang ada
3.10.13 Merancang kesimpulanbahwa di alam
terjadi keseimbangan antara komponen dan proses biogeokimia
3.10.14 Menyimpulkan bahwa di alam jika
terjadi ketidak seimbangan komponen ekosistem harus dilakukan upaya
rehabilitasi agar keseimbangan proses bisa berlangsung
3.10.15 Menjelaskan secara lisan komponen
ekosistem, proses biogeokimia, ketidak seimbangan ekosistem dan aliran energi
|
4.10
Menyajikan karya yang menunjukkan interaksi antar komponen ekosistem
(jaring-jaring makanan, siklus Biogeokimia)
|
4.10.1 Mendesain bagan tentang ekosistem dan
komponen yang menyusunnyadan menyajikan dalam berbagai bentuk media
4.10.2 Mendesain bagan tentang terbentuknya hujan dari proses penguapan
yang berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan dalam berbagai bentuk media
4.10.3 Mendesain bagan tentang hubungan antar komponen ekosistem yang
berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan dalam berbagai bentuk media
4.10.4 Mendesain bagan tentang siklus-siklus yang berlangsung di alam
untuk menjaga keseimbangan yang berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan
dalam berbagai bentuk media
4.10.5 Mendesain bagan tentang hubungan antara komponen biotik dan abiotik
serta hubungan antara biotik dan biotik dalam ekosisten dengan mengaitkannya
dengan ketidakseimbangan lingkungan yang berlangsung dalam ekosistem dan
menyajikan dalam berbagai bentuk media
4.10.6 Mendesain bagan tentang kemungkinan yang dapat dilakukan berkaitan
dengan pemulihan ketidak seimbangan lingkungan yang berlangsung dalam
ekosistem dan menyajikan dalam berbagai bentuk media
4.10.7 Mendesain bagan tentang adanya interaksi dalam ekosistem dan aliran
energy yang berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan dalam berbagai bentuk
media
4.10.8 Mendesain bagan tentang daur biogeokimiayang berlangsung dalam
ekosistem dan menyajikan dalam berbagai bentuk media
4.10.9 Mendesain bagan tentang ketidakseimbangan lingkungan sekaligus memprediksi kemungkinan proses
yang tidak seimbangyang berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan dalam
berbagai bentuk media
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik
diharapkan dapat:
1.
Menjelaskan
tentang ekosistem dan komponen yang menyusunnya
2.
Menjelaskan
tentang terbentuknya hujan dari proses penguapan
3.
Menyebutkan
komponen ekosistem
4.
Menjelaskan
hubungan antar komponen ekosistem
5.
Menyebutkan
dan mendeskripsikan siklus-siklus yang berlangsung di alam untuk menjaga
keseimbangan
6.
Melakukan
pengamatan ekosistem di lingkungan sekitarnya dan mengidentifikasi
komponen-komponen yang menyusun ekosistem
7.
Menganalisis
hubungan antara komponen biotik dan abiotik serta hubungan antara biotik dan
biotik dalam ekosisten tersebut dan mengaitkannya dengan ketidakseimbangan
lingkungan
8.
Menginventarisir
kemungkinan yang dapat dilakukan berkaitan dengan pemulihan ketidak seimbangan
lingkungan
9.
Menjelaskan
tentang adanya interaksi dalam ekosistem dan aliran energy
10. Menjelaskan daur biogeokimia
menggunakan bagan/charta
11. Mendeskripsikan ketidakseimbangan
lingkungan dan memprediksi kemungkinan
proses yang tidak seimbang
12. Mengolah data berbagai komponen
ekosistem dan mengaitkannya dengan keseimbangan ekosistem yang ada
13. Merancang kesimpulanbahwa di alam
terjadi keseimbangan antara komponen dan proses biogeokimia
14. Menyimpulkan bahwa di alam jika
terjadi ketidak seimbangan komponen ekosistem harus dilakukan upaya
rehabilitasi agar keseimbangan proses bisa berlangsung
15. Menjelaskan secara lisan komponen
ekosistem, proses biogeokimia, ketidak seimbangan ekosistem dan aliran energi
D. Materi
Pembelajaran
Ekologi
• Komponen
ekosistem
• Aliran
energi
• Daur
biogeokimia
• Interaksi
dalam ekosistem
E.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan
: Scientific
Metode : Diskusi dan Eksperimen
Model : Discovery Learning
F.
MediaPembelajaran
v
Media :
Ø
Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø
Lembar
penilaian
Ø
Laboratorium
biologi dan sarananya (peralatan yang akan dipakai selama satu tahun ajaran)
Ø
Daftar
peralatan di lab biologi
Ø
Lembar
tata tertib keselamatan kerja laboratorium biologi
Ø
Lembar
kesepakatan yang ditandatangani bersama oleh setiap siswa aspek keselamatan
kerja
Ø
Contoh
la poran tertulis
Ø
Bahan
Presentasi
v
Alat/Bahan
:
Ø
Penggaris,
spidol, papan tulis
Ø
Laptop
& infocus
Ø
Slide
presentasi (ppt)
G.
Sumber
Belajar :
·
Buku
Biologi Kls X Kemdikbud
·
Buku
lain yang menunjang
·
Multimedia
interaktif dan Internet
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 (3 x 45
Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
||||||||||||||
Guru
:
Orientasi
v
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu :
Ø
Animalia
v
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v
Apabila
materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø
Komponen ekosistem
v
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v
Mengajukan
pertanyaan
Pemberian
Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v
Pembagian
kelompok belajar
v
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti (105 Menit)
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan
:
Selama
pembelajaran Komponen ekosistem berlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
||||||||||||||
Peserta
didik :
v
Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran tentang materi Komponen
ekosistem yang baru dilakukan.
v
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Komponen
ekosistem yang baru diselesaikan.
v
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru
:
v
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Komponen ekosistem.
v
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Komponen ekosistem.
v
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Komponen
ekosistem kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
2.
Pertemuan Ke-2 (3 x 45 Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
||||||||||||||
Guru
:
Orientasi
v
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu :
Ø
Komponen ekosistem
v
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v
Apabila
materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø
Aliran energi
v
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v
Mengajukan
pertanyaan
Pemberian
Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v
Pembagian
kelompok belajar
v
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti (105 Menit)
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan
:
Selama
pembelajaran Aliran energi berlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
||||||||||||||
Peserta
didik :
v
Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran tentang materi Aliran
energi yang baru dilakukan.
v
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Aliran
energi yang baru diselesaikan.
v
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai
pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru
:
v
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Aliran energi.
v
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Aliran energi.
v
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Aliran
energi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
3.
Pertemuan Ke-3 (3 x 45 Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
||||||||||||||
Guru
:
Orientasi
v
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdo’a
untuk memulai pembelajaran
v
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu :
Ø
Aliran energi
v
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v
Apabila
materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø
Daur biogeokimia
v
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v
Mengajukan
pertanyaan
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v
Pembagian
kelompok belajar
v
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti (105 Menit)
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan
:
Selama
pembelajaran Daur biogeokimia berlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
||||||||||||||
Peserta
didik :
v
Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Daur
biogeokimia yang baru dilakukan.
v
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Daur
biogeokimia yang baru diselesaikan.
v
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai
pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru
:
v
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Daur biogeokimia.
v
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Daur biogeokimia.
v
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Daur
biogeokimia kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik.
|
4.
Pertemuan Ke-4 (3 x 45 Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
||||||||||||||
Guru
:
Orientasi
v
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu :
Ø
Daur biogeokimia
v
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v
Apabila
materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø
Interaksi dalam ekosistem
v
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v
Mengajukan
pertanyaan
Pemberian
Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v
Pembagian
kelompok belajar
v
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti (105 Menit)
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan
:
Selama
pembelajaran Interaksi dalam ekosistem berlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
||||||||||||||
Peserta
didik :
v
Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran tentang materi Interaksi
dalam ekosistem yang baru dilakukan.
v
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Interaksi
dalam ekosistem yang baru diselesaikan.
v
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru
:
v
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Interaksi dalam ekosistem.
v
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Interaksi dalam ekosistem.
v
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Interaksi
dalam ekosistem kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik.
|
I.
Penilaian Pembelajaran dan Pengayaan
a. Sikap
1.
Teknik Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek Perilaku
yang Dinilai
|
Jumlah
Skor
|
Skor
Sikap
|
Kode
Nilai
|
|||
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
|||||
1
|
Amel
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
Sandi
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
3
|
Roki
|
|||||||
4
|
Wahyuni
|
|||||||
5
|
Andreas
|
|||||||
6
|
Toni
|
|||||||
Keterangan :
• BS :
Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ :
Tanggun Jawab
• DS :
Disiplin
Catatan :
1.
Aspek
perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2.
Skor
maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3.
Skor
sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4.
Kode
nilai / predikat :
75,01 –
100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
b.
Pengetahuan
·
Tertulis Uraian dan atau
Pilihan Ganda
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
0
|
5
|
50
|
100
|
|||||
1
|
Menjawab pertanyaan dengan benar dan lengkap
|
|||||||
2
|
Menjawab pertanyaan tidak lengkap
|
|||||||
3
|
Menjawab, tapi salah
|
|||||||
4
|
Tidak menjawab
|
|||||||
Catatan :
1.
Aspek
perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25
= Kurang
2.
Skor
maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3.
Skor
sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4.
Kode
nilai / predikat :
75,01 –
100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 –
75,00 = Baik (B)
25,01 –
50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
· Tes
Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
25
|
50
|
75
|
100
|
|||||
1
|
Intonasi
|
|||||||
2
|
Pelafalan
|
|||||||
3
|
Kelancaran
|
|||||||
4
|
Ekspresi
|
|||||||
5
|
Penampilan
|
|||||||
6
|
Gestur
|
|||||||
·
Penugasan(Lihat
Lampiran)
Tugas Rumah
1.
Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
peserta didik
2.
Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti
bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
3.
Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang
telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c.
Keterampilan
· Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada
instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon
dengan pertanyaan
|
||||
2
|
Keserasian pemilihan
kata
|
||||
3
|
Kesesuaian penggunaan
tata bahasa
|
||||
4
|
Pelafalan
|
Kriteria penilaian (skor)
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang
diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimaldikali skor ideal (100)
·
Instrumen Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi diskusi
|
||||
2
|
Kemampuan menjawab pertanyaan
|
||||
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
||||
4
|
Kemampuan menyelesaikan masalah
|
Keterangan :
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
2.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Peserta didik yang belum
menguasai materi (belum mencapai ketuntasan
belajar) akan dijelaskan kembali oleh guru materi “Ruang Lingkup Biologi”. Guru melakukan penilaian kembali dengan
soal yang sejenis atau memberikan tugas individu terkait dengan topik yang
telah dibahas. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan,
contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam
pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ........................
Kelas/Semester : ........................
Mat Pelajaran : ........................
Ulangan Harian Ke : ........................
Tanggal Ulangan Harian : ........................
Bentuk Ulangan Harian : ........................
Materi Ulangan Harian : ........................
(KD/Indikator : ........................
KKM : ........................
No
|
Nama Peserta Didik
|
Nilai Ulangan
|
Indikator yang Belum Dikuasai
|
Bentuk Tindakan Remedial
|
Nilai Setelah Remedial
|
Ket.
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
dst,
|
b. Pengayaan
Dalam kegiatan pembelajaran,
peserta didik yang sudah menguasai materi
sebelum waktu yang telah ditentukan, diminta untuk soal-soal pengayaan
berupa pertanyaan-pertanyaan yang lebih fenomenal dan inovatif atau aktivitas
lain yang relevan dengan topik pembelajaran “Ruang Lingkup Biologi”. Dalam kegiatan ini, guru dapat mencatat dan
memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar