Kamis, 19 September 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      :   SMA Negeri 1 
Mata Pelajaran            :   Biologi
Kelas/Semester              :   X MIPA 1/2
Pertemuan ke               :   1 (Satu)
Topik                             :   Ekologi
Alokasi Waktu             :   3 x 45 menit   

A. Kompetensi Inti
KI 1 :      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.



B.  Kompetensi Dasar (KD)
3.10          Menganalisis informasi/data dan berbagai sumber tentang ekosistem dan semua interaksi yang berlangsung di dalamnya
4.10    Mensimulasikan interaksi antar komponen dalam suatu ekosistem
C.  Indikator
Indikator (kognitif):
1.    Menjelaskan pengertian dari ekosistem
2.    Menyebutkan komponen ekosistem
3.    Mengidentifikasi komponen penyusun ekosistem
4.    Mendeskripsikan hubungan antar komponen biotik dan abiotik, serta biotik dan biotik lainnya
5.    Menjelaskan interaksi dalam ekosistem
6.    Mendeskripsikan mekanisme rantai makanan dan  jaring-jaring makanan dalam ekosistem
Indikator (Afektif) :
1.    Menunjukkan sikap percaya diri dalam proses tanya jawab maupun mengemukakan pendapat
2.    Menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam belajar
Indikator (Psikomotor) :
1.    Melakukan pengamatan ekosistem di lingkungan sekitar mengenai komponen biotik dan abiotik dan mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk presentasi.

D.  Tujuan Pembelajaran
Tujuan Kognitif
Setelah mempelajari materi ekologi peserta didik diharapkan dapat :
1.    Peserta didik  dapat menjelaskan pengertian dari ekosistem
2.    Peserta didik  dapat menyebutkan komponen ekosistem
3.    Peserta didik  dapat mengidentifikasi komponen penyusun ekosistem
4.    Peserta didik  dapat mendeskripsikan hubungan antar komponen biotik dan abiotik, serta biotik dan biotik lainnya
5.    Peserta didik  dapat menjelaskan interaksi dalam ekosistem
6.    Peserta didik  dapat mendeskripsikan mekanisme rantai makanan dan  jaring-jaring makanan dalam ekosistem
Tujuan Afektif
1.    Melalui kegiatan tanya jawab yang dilakukan peserta didik diharapkan dapat memiliki sikap percaya diri
2.    Melalui tugas yang diberikan peserta didik diharapkan dapat bertanggung jawab baik secara mandiri
Tujuan Psikomotor
1.    Melalui tugas yang diberikan yaitu mengamati ekosistem di lingkungan sekitar mengenai komponen biotik dan abiotik , peserta didik dapat memberikan respons dengan mengkomunikasikan hasil pengamatan yang didapat dalam bentuk presentasi.

E.  Materi  Ajar 
1)   Hubungan ekologi dengan ekosistem
Ekologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya. Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
2)   Komponen ekosistem
Lingkungan hidup meliputi komponen biotik dan komponen abiotik.
a.    Lingkungan Abiotik
Lingkungan abiotik meliputi segala sesuatu yang tidak secara langsung terkait pada keberadaan organisme tertentu. Contoh dari lingkungan abiotik adalah :
·      Matahari (tidak ada matahari, tidak ada kehidupan)
·      Air (untuk berbagai reaksi kimia dalam tubuh)
·      Senyawa organik (karbohidrat, lemak, dan protein, yang harus memiliki unsur C, H, O).
·      Udara, 80% udara bebas adalah Nitrogen untuk membentuk protein bagi tubuh, tetapi harus dirubah ke dalam bentuk N2 dinamakan proses Biogeokimia. Sisanya udara bebas adalah oksigen untuk respiras aerob.
·      Tanah, sebagai substrat bagi tumbuhan.
·      Suhu yang mempengaruhi reaksi kimia.
·      Mineral membantu proses reaksi kimia
·      Kelembaban udara
·      pH
b.    Lingkungan Biotik
Lingkungan biotik adalah lingkungan yang meliputi semua makhluk hidup di bumi, baik tumbuhan maupun hewan. Dalam ekosistem tumbuhan akan berperan sebagai produsen, hewan konsumen, dan mikroorganisme sebagai dekomposer.
Secara lebih terperinci tingkatan organisasi mahkluk hidup adalah sebagai berikut : Sel>Jaringan>Organ>Sistem Organ>Individu>Populasi>Komunitas> Ekosistem > Biosfer.
3)   Hubungan Komponen Biotik Dan Abiotik
Di dalam ekosistem terjadi saling ketergantungan antar komponen, sehingga apabila salah satu komponen mengalami gangguan maka mempengaruhi komponen lainnya. Ekosistem dikatakan seimbang apabila jumlah antara produsen, konsumen I dan konsumen II seimbang keterangan gambar anak panah : dimakan.
a.    Hubungan antara komponen biotik dan komponen abiotik
Keberadaan komponen abiotik dalam ekosistem sangat mempengaruhi komponen biotik. Misal : tumbuhan dapat hidup baik apabila lingkungan memberikan unsur-unsur yang dibutuhkan tumbuhan tersebut, contohnya air, udara, cahaya, dan garam-garam mineral. Begitu juga sebaliknya komponen biotik sangat mempengaruhi komponen abiotik yaitu tumbuhan yang ada di hutan sangat mempengaruhi keberadaan air, sehingga mata air dapat bertahan, tanah menjadi subur. Tetapi apabila tidak ada tumbuhan, air tidak dapat tertahan sehingga dapat menyebabkan tanah longsor dan menjadi tandus. Komponen abiotik yang tidak tergantung dengan biotik antara lain: gaya grafitasi, matahari, tekanan udara.
b.    Hubungan antara komponen biotik dengan komponen biotik
Di antara produsen, konsumen dan pengurai adalah saling ketergantungan. Tidak ada makhluk hidup yang hidup tanpa makhluk lainnya. Setiap makhluk hidup memerlukan makhluk hidup lainnya untuk saling mendukung kehidupan baik secara langsung maupun tak langsung.
4)   Aliran energi
Aliran energi dalam ekosistem mengalami tahapan proses sebagai berikut:
·      Energi masuk ke dalam ekosistem berupa energi matahari, tetapi tidak semuanya dapat digunakan oleh tumbuhan dalam proses fotosintesis.
·      Energi yang disimpan berupa materi tumbuhan akan sampai ke yang lain melalui rantai makanan atau jaring makanan.
a.    Rantai makanan
Merupakan peristiwa makan dan dimakan dalam suatu ekosistem dengan urutan tertentu.
b.    Jaring-jaring makanan
Merupakan sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan dalam suatu ekosistem. Seperti contoh jaring-jaring makanan di bawah ini terdiri dari 5 (lima) rantai makanan.
c.    Piramida makanan
Merupakan gambaran perbandingan antara produsen, konsumen I, konsumen II, dan seterusnya. Dalam piramida ini semakin ke puncak biomassanya semakin kecil.
d.    Arus energi
Merupakan perpindahan energi dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Yaitu dari sinar matahari lalu produsen, ke konsumen tingkat I, ke konsumen tingkat II sampai pengurai. Sedangkan mineral membentuk siklus. Energi yang dilepas sangat kecil karena setiap organisme membutuhkan energi dalam memenuhi kebutuhannya.
e.    Siklus energi
Merupakan perpindahan zat dari tempat satu ke tempat yang lainnya. Akhirnya akan kembali ke tempat zat itu berasal. Contoh siklus air di bawah ini:
·      Keseimbangan ekosistem dapat terjadi bila ada hubangan timbal balik di antara komponen–komponen ekositem. Perhatikan grafik perbandingan jumlah produsen, herbivora dan karnivora!
·      Semula produsen, herbivora dan karnivora berada pada tempat tertentu. Tumbuhan sebagai produsen yang jumlahnya paling banyak. Apabila ada hal-hal yang mengubah lingkungan maka organisme tersebut tidak akan mengalami perubahan, tetapi jika jumlah organisme tidak terkendalikan akan membahayakan organisme lainnya.

F.   Media, Alat dan Sumber Belajar
·      Media              :    Power Point, LKPD
·      Alat                 :    Laptop, LCD, Whiteboard, dan Spidol.
·      Sumber            :    a. Buku paket
                                b.  Internet  

G.  Model/Metode Pembelajaran  
Model Pembelajaran               : Problem based learning
Pendekatan                              : Saintifik
Metode Pembelajaran              : Tanya jawab dan diskusi.
H.  Kegiatan Pembelajaran
Langkah
Pembelajaran
Sintaks
Deskripsi kegiatan
Alokasi Waktu
Kegiatan
Pendahuluan


















Simulasi :
·      Guru memberi salam dan mengajak peserta didik untuk berdo’a.
·      Guru mengecek kehadiran peserta didik.
·      Guru menuliskan topik yang akan dipelajari yaitu “ekosistem”.
·      Guru memotivasi peserta didik untuk menggali informasi    dengan  menanyakan kondisi yang ada di pegunungan/bukti tangkiling.
·      Guru meminta peserta didik untuk menyampaiakan pesan apa yang didapat dari yang dilihat pada saat di pegunungan/bukti tangkiling
·      Guru memberikan apersepsi kepada peserta didik dengan menanyakan, dari kondisi yang sudah dijabarkan oleh peserta didik, apa yang dimaksud dengan ekosistem?
·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
15 menit
Kegiatan Inti
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati :
·      Guru menjelaskan materi pembelajaran secara singkat tentang ekosistem dan komponen ekosistem
·      Guru membagi peserta dalam beberapa kelompok beranggotakan 5 - 6 orang.
·      Guru mengajak peserta didik untuk mengamati komponen abiotik dan biotik
“Pengamatan diluar kelas”
·      Guru menanyakan komponen  apa saja yang mereka temui di sekitar sekolah
·      Guru menjelaskan materi pembelajaran secara singkat tentang aliran dalam ekosistem

Menanya :
·      Orientasi masalah dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya mengenai materi yang telah diberikan dan memberikan kesempatan untuk murid lain memberikan jawaban sementara. Jika jawaban masih belum memenuhi kriteria, guru akan melengkapi jawaban peserta didik.
105 menit
Mengoorganisasi peserta didik
Mengumpulkan Data:
·      Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada peserta didik terkait pengamatan yang mereka lakukan diluar kelas mengenai topik ekosistem
“LKPD”
·      Peserta didik menemukan konsep berdasar masalah/fenomena yang disajikan.
·      Guru mendorong dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang topik ekosistem secara aktif.
Membimbing Penyelidikan individu atau kelompok
Mengasosiasi:
·      Peserta didik bekerja dengan teman sekelompoknya untuk menganalisa dan mendiskusikan hasil studi literatur yang dilaksanakan.
·      Peserta didik diberi kemudahan dalam  menjawab pertannyaan dengan mencari dari berbagai sumber belajar.
·      Peserta didik menyusun bahan presentasi pada LKPD.               
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasi:
·      Peserta didik menyajikan dan mengkomunikasikan hasil dari diskusi yang ada di LKPD dengan ditanggapi oleh kelompok yang lain.
Menganalisa dan mengevaluasi  proses pemecahan masalah
·      Peserta didik mengkaji ulang hasil pemecahan masalah yang ditanggapi oleh kelompok yang lain.
·      Guru mengevaluasi proses pemecahan masalah.
Kegiatan Penutup
·      Guru meminta peserta didik untuk menyimpulkan hasil pelajaran yang telah di lalui
·      Guru membantu peserta didik untuk menyimpulkan
·      Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
·      Guru menutup kegiatan pembelajaran dan meminta salah satu peserta didik untuk memimpin do’a.
·      Guru mengucapkan salam
15
menit
         





Palangka Raya,    Maret 2019
Praktikan PPL II





Rohmatul Khawasitin
NIM. ACD 115 016
Guru Pamong PPL II





Rabiah, S.Pd
           NIP.19701101 199802 2 004


Dosen Pembimbing PPL II




Prof. Dr. Supramono, M.Pd
NIP. 19630703 199103 1 003
Kepala sekolah SMAN 1
Palangka Raya




Drs. Muhammad Ramli, M.Pd
NIP. 19651110 199303 1 006











I.     Lembar Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.    Teknik dan Bentuk Instrumen
2.    Instrumen penilaian

1.1.     Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
Pengamatan sikap
Lembar pengamatan sikap
Tes tertulis (pengetahuan)
Tes uraian
Tes keterampilan
Lembar uji keterampilan

2.1.   Instrumen Penilaian sikap (Afektif)
  
Lembar Pengamatan Sikap

Pedoman Penilaian Sikap saat Diskusi Kelompok
No
Nama
Aspek yang dinilai dalam sikap
Skor
Nilai
Percaya diri
Tanggung jawab
Kerjasama
1
 Rika





2
 Roki




3
 Ayu




4
Amelia






Pedoman Penilaian Sikap
No.
Kriteria Penilaian
 Skor
 Skor
1.


 Dst.
Sikap Saat Diskusi Kelompok.

a.         Memuaskan
b.        Cukup
c.         Kurang


4
3
      2


  Nilai = Skor perolehan  x 100
          Skor maksimal



2.2.  Instrumen Penilaian Kognitif
      Lembar Penilaian Kognitif
No
Kompetisi Dasar
Jumlah Soal
Indikator  Soal
Bentuk Soal
No. Soal
 1
3.10.Menganalisis informasi/data dan berbagai sumber tentang ekosistem dan semua interaksi yang berlangsung di dalamnya



1
Peserta didik  dapat menjelaskan pengertian dari ekosistem
Uraian

 1
 2
1
Peserta didik  dapat menyebutkan komponen ekosistem
Uraian

 2
 3
1
Peserta didik  dapat mengidentifikasi komponen penyusun ekosistem
Uraian

 3
4
3
Peserta didik  dapat mendeskripsikan hubungan antar komponen biotik dan abiotik, serta biotik dan biotik lainnya

4, 5 dan 6
 5
2
Peserta didik  dapat menjelaskan interaksi dalam ekosistem
 Uraian
 7 dan 8
 6
2
Peserta didik  dapat mendeskripsikan mekanisme rantai makanan dan jaring-jaring makanan dalam ekosistem
Uraian

 9 dan 10

Instrumen Soal Tes Tertulis
No.
Soal Uraian
1.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan ekosistem?
2
Sebutkan komponen penyusun utama dalam ekosistem?
3
Perhatikan gambar dibawah  ini!
Hasil gambar untuk komponen ekosistem
Sebutkan ekosistem apa saja yang ada digambar?
4
Apakah komponen biotik dapat mempengaruhi komponen abiotik? Jelaskan dengan disertai contoh!
5
Berikan contoh hubungan saling ketergantungan antara sesama komponen biotik!
6
Berikan contoh hubungan saling ketergantungan antara komponen biotik dan komponen abiotik!
7
Mengapa dapat terjadi interaksi kompetisi?
8
Buatlah minimal 3 contoh simbiosis mutualisme!
9
Perhatikan gambar dibawa ini!
Hasil gambar untuk rantai makanan diagram
Ditinjau berdasarkan aliran energi dalam rantai makanan, mengapa populasi produsen paling banyak sedangkan populasi karnivor puncak paling sedikit? (Seperti pada gambar diatas)

10
Buatlah jaring-jaring makanan yang umumnya terjadi di sekitarmu!

No.
Jawaban Uraian
1.
Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
2.
Komponen penyusun utama dalam ekosistem adalah:
1.     Komponen biotik
2.     Komponen abiotik
3.
Komponen dalam ekosistem antara lain air dan tanah yang merupakan komponen abiotik, hewan dan tumbuhan yang merupakan komponen biotik.
4.
Di dalam ekosistem, komponen biotik dan abiotik merupakan komponen pokok ekosistem yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Antara komponen biotik dengan komponen abiotik saling mempengaruhi. Hubungan antar komponen dalam ekosistem itu disebut hubungan ekologi. Salah satunya adalah pengaruh komponen abiotik terhadap komponen biotik. Banyak kasus di sekitar kita yang menunjukkan bahwa komponen abiotik sangat mempengaruhi komponen biotik. Contoh : Air, kelembapan udara, cahaya matahari, tanah, maupun suhu lingkungan merupakan komponen abiotik yang besar pengaruhnya terhadap kehidupan organisme.

5
Contoh hubungan saling ketergantungan antara sesama komponen biotik adalah sebagai berikut:
3.    Saling ketergantungan intraspesies (makhluk hidup sejenis).
Contohnya sekumpulan lebah saling bekerja sama mengumpulkan madu sebagai cadangan makanan di sarangnya.
4.    Saling ketergantungan antarspesies (makhluk hidup tidak sejenis). 
Contohnya tanaman kacang-kacangan memerlukan bakteri Rhizobium untuk membantu menambat nitrogen bebas dari udara, sedangkan bakteri Rhizobium memerlukan media atau substrat dan makanan untuk hidup.

6
Contoh hubungan saling ketergantungan antara komponen biotik dan komponen abiotik yaitu :
1.    Komponen biotik memengaruhi komponen abiotik.
Contohnya adalah tumbuhan hijau dalam proses fotosintesis menghasilkan oksigen, sehingga kadar oksigen meningkat dan suhu lingkungan menjadi sejuk. Jadi tumbuhan hijau (komponen biotik) mampu memengaruhi komposisi udara dan suhu lingkungan (komponen abiotik).
2.    Komponen abiotik memengaruhi komponen biotik.
Contohnya adalah cahaya, tanah, air, udara, dan unsur hara (komponen abiotik) memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan (komponen biotik).
7
Persaingan terjadi   karena beberapa organisme saling berebut untuk dapat bertahan hidup karena mereka harus memenuhi kebutuhan untuk mendapatkan suatu sumber daya baik itu tempat tinggal dan makanan. Misalnya persaingan antara kerbau dan kambing untuk mendapatkan rumput dalam sebuah ekosistem padang rumput
8
Interaksi burung jalak dan kerbau, interaksi antara bunga dan lebah, interaksi antara manusia dan bakteri dalam usus halus.
9
Karena produsen itu yang penghasil makanan sementara konsumen 3 adalah pemangsa yang terakhir dan yang pertama memanggsa konsumen yang 1 dan 2, konsumen ini memakan produsen. 
Jadi, tanpa produsen, konsumen tingkat 1 tidak akan bertahan. sehingga konsumen tingkat 2 sampai predator juga tidak akan bertahan/mati. itulah mengapa produsen lebih banyak dibanding karnivor

10

Pedoman Penskoran Soal Uraian
No. Soal
Kriteria Penilaian
Skor
    1.

  
·      Menjelaskan pengertian ekosistem dengan benar 
·      Menjelaskan pengertian ekosistem namun belum begitu lengkap.
·      Salah/Tidak menjawab 
10
5
0
Skor maksimal
10
2
·      Menyebutkan dengam lengkap komponen utama penyusun dalam ekosistem
·      Menyebutkan kurang lengkap komponen ekosistem
·      Salah/tidak menjawab.

10

5
0
Skor maksimal
10
3
·      Menyebutkan dengan benar komponen penyusun dalam ekosistem seperti pada gambar
·      Menyebutkan kurang lengkap komponen ekosistem yang ada digambar
·      Salah/tidak menjawab.

10

5

0
Skor maksimal
10
4
·      Menjelaskan komponen biotik yang mempengaruhi komponen abiotik dengan tepat
·      Menjelaskan komponen biotik yang mempengaruhi komponen abiotik kurang tepat
·      Salah/tidak menjawab.

10

5

0
Skor maksimal
10
5
·      Menyebutkan contoh hubungan saling ketergantungan antara sesama komponen biotik dengan tepat
·      Menyebutkan contoh hubungan saling ketergantungan antara sesama komponen biotik kurang tepat
·      Salah/tidak menjawab.

10

5

0
Skor maksimal
10
6
·      Menyebutkan contoh hubungan saling ketergantungan antara komponen biotik dan komponen abiotik dengan tepat
·      Menyebutkan contoh hubungan saling ketergantungan antara komponen biotik dan komponen abiotik kurang tepat
·      Salah/tidak menjawab.

10

5

0
Skor maksimal
10
7
·      Menjelaskan terjadi interaksi kompetisi dengan benar
·      Menjelaskan terjadi interaksi kompetisi kurang tepat
·      Salah/tidak menjawab.

10
5
0
Skor maksimal
10
8
·      Memberikan 3 contoh simbiosis mutualisme.
·      Memberikan kurang dari 3 contoh simbiosis mutualisme.
·      Salah/tidak menjawab.

10
5
0
Skor maksimal
10
9
·      Menjelaskan dengan tepat
·      Menjelaskan kurang tepat
·      Salah/tidak menjawab.

10
5
0
Skor maksimal
10
10
·      Membuat jaring-jaring makanan dengan benar.
·      Membuat jaring-jaring makanan namun kurang begitu lengkap.
·      Salah/tidak menjawab.

10
5
0
Skor maksimal
10

  Nilai = Skor perolehan x 100
       Skor maksimal









2.3  Instrumen Keterampilan
Lembar Penilaian Keterampilan peserta didik
No
Nama
Aspek yang diniai dalam keterampilan
Skor
Benar atau tidaknya dalam menentukan objek pengamatan
Pengolahan  data pengamatan
Komunikasi dalam bentuk presentasi
 1
 Dony




 2
 Dedy




3
Sera




4
Maria





Pedoman keterampilan peserta didik saat pengamatan lingkungan
Tuliskan hal-hal yang kamu lihat di lingkungan sekolahmu!
No
Nama objek
1 
Pasir
2
Semut
3

4

5

6

7

8

9

10



Pedoman Penilaian keterampilan
No.
 Kriteria Penilaian
Skor
 Skor
1.

 Dst.
Sikap Saat  pengamatan
a.    Memuaskan
b.    Cukup
c.    Kurang
  
4
3
2



 Nilai = Skor perolehan  x 100
  Skor maksimal

  Nilai = Skor perolehan x 100
                  Skor maksimal






















LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD)
Kelas/Kelompok        :..........................................
Nama                          :  1. ………………………..
                           2. ………………………..
                           3. ………………………..
   4. ………………………..
   5. ………………………..
   6. ………………………..
Tanggal                      :..........................................
Topik                          : Ekologi
Tujuan                       :
Tujuan Kognitif
Setelah mempelajari materi ekologi peserta didik diharapkan dapat :
5.    Peserta didik  dapat menjelaskan pengertian dari ekosistem
6.    Peserta didik  dapat menyebutkan komponen ekosistem
7.    Peserta didik  dapat mengidentifikasi komponen penyusun ekosistem
8.    Peserta didik  dapat menjelaskan interaksi dalam ekosistem
9.    Peserta didik  dapat mendeskripsikan mekanisme rantai makanan dalam ekosistem.
10.     Peserta didik  dapat mendeskripsikan mekanisme jaring-jaring makanan dalam ekosistem
Tujuan Afektif
1.    Melalui kegiatan tanya jawab yang dilakukan peserta didik diharapkan dapat memiliki sikap percaya diri
2.    Melalui tugas yang diberikan peserta didik diharapkan dapat bertanggung jawab baik secara mandiri
Tujuan Psikomotor
1.    Melalui tugas yang diberikan yaitu mengamati ekosistem di lingkungan sekitar mengenai komponen biotik dan abiotik , peserta didik dapat memberikan respons dengan mengkomunikasikan hasil pengamatan yang didapat dalam bentuk presentasi.
Alat dan Bahan
1.    Internet dan buku paket
2.    Alat tulis

Petunjuk
1.    Tuliskan nama anggota kelompok pada lembar jawaban yang telah disediakan.
2.    Sudah melakukan pengamatan lingkungan
3.    Menjawab pertanyaan pada LKPD ini
4.    Presentasikanlah
Berdasarkan pengamatan saudara, jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas!
1.    Pada pengamatan lingkungan yang sudah dilakukan, tuliskan kembali hal-hal yang kamu lihat di lingkungan sekolahmu
Jawaban
 ....................................................................................................................................
 ....................................................................................................................................
 ....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
2.      Tentukan komponen abiotik dan biotik dari pengamatan yang kamu lakukan!
....................................................................................................................................
 ....................................................................................................................................
 ....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
3.      Apa yang terjadi jika tidak ada biotik atau abiotik? Jelaskan!
....................................................................................................................................
 ....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
4.      Bagaimana cara mengatasi jika tidak ada abiotik dan biotik ?
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
Buatlah kesimpulan
     ....................................................................................................................................
     ....................................................................................................................................
    .....................................................................................................................................


JANGAN LUPA KOMEN YA DEK ADEK....BIAR SUPORT BLOG KA SITIN. HEHE

1 komentar: